PROFILE OF STUDENTS’ PROBLEM-SOLVING ABILITY BASED ON MATHEMATICAL LITERACY IN PISA CONTEXT
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(3) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azka, A., & Budiman, I. (2023). Analisis Literasi Matematis PISA Kelas IX SMP AL Mubarok Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(2), 197–206. https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8474
Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020a). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327
Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020b). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327
Dewantara, A. H. (2019). Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 197–213. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.186
I. M. Soares, M., V. Uskono, I., O. Jagom, Y., G.M.Gawa, M., B.N.Dosinaeng, W., & H. Kaluge, A. (2023). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Smp. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 5(01), 31–41. https://doi.org/10.30822/asimtot.v5i01.2822
Juniansyah, J., Mariyam, M., & Buyung, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1167–1181. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2224
Khotimah, H. (2021). Perkembangan Literasi Matematika Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1, 2830–3059.
Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. P. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966–1977. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.468
Nurojab, E. S., Triyana, V., & Sari, A. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 329–336.
Pada, V., Sekolah, S., & Pertama, M. (n.d.). Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Prosedur Polya, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 46, 855–867.
Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menurut Polya Pada Materi Transformasi Linier. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 5(1), 1–6.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. Effendy, Aidil, Ed.). Cipta Media Nusantara.
Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026
Spradley, P., & Huberman, M. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.
DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v10i2.2536
Article Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sarmila Sarmila, Tahir Tahir, Ully Hidayati
![]() |




