Reasoning Habits of Students through Realistic Mathematics Problems
(1) IAIN Kediri
(2) IAIN Kediri
(3) IAIN Kediri
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249.
Ardhiyanti, E., Sutriyono, & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82.
Ario, M. (2015). Penalaran Matematis Dan Mathematical Habits of Mind Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Penemuan Terbimbing. Edusentris, 2(1), 34–36. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.158.
Ball, D. L., & Bass, H. (2003). Making Mathematics Reasonable in School. A Research Companion to Principles and Standards for School Mathematics, October, 27–44.
Fajariyadi, R. (2016). Metode Pemecahan Masalah untuk Mengembangkan Reasoning Habit dan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2. Skripsi: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Fauzan, S., Rika, D. A. N., & Mustika, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Karawang Barat. Sesiomadika, 383–394. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Encyclopedia of Educational Reform and Dissent, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438.
Hidayati, A., & Widodo, S. (2009). Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa Di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 131–143. https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/31.
Hima, L. R., & Anwar, S. (2016). Metode PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Reasoning Habit dan Sense Making Peserta Didik. 1, 695–702. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7013.
Kusniati. (2011). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Segiempat menurut Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751–758. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p751-758.
Maryanti, & Qadriyah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis Matematik Siswa SMK Negeri 1 Sigli melalui Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Maple. Jurnal Sains Riset, 9(2), 9–16. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i2.109.
Mujib. (2015). Membangun Kreativitas Siswa dengan Teori Schoenfeld pada Pembelajaran Matematika Melalui Lesson Study. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.53.
NCTM. (2009). Reasoning and Sense Making. In The Mathematics Teacher (Vol. 110, Issue 2). https://doi.org/10.5951/mathteacher.110.2.0119.
Nurhayati, S., Sutinah, & Rosyidi, A. H. (2013). Kemampuan Penalaran Siswa kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan. MATHEdunesa, 2(1). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p.
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. MAJU, 8(1), 377–385. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/641.
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881.
Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230–240. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1697.
Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–6. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001808/penelitian/Makalah+Semnas+2013+an+R+Rosnawati+FMIPA+UNY.pdf.
Safitri, Prahesti T. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Yang Memperoleh Model Pembelajaran Quick On The Draw Dan Treffinger. Prosiding Sesiomadika, 1(1a), 325-331. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2157.
Saragih, Rizky A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah pada Siswa SMP. Skripsi. FTK UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Setiani, N. L., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik Terhadap Semangat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Pada SDLB.B.N. Sidakarya. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1546.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317.
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13. http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p9-13.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066.
Yoga, S. (2018). Perubahan Budaya Masyarakat Indonesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46.
DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v7i2.1828
Article Metrics
Abstract view : 419 timesPDF - 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nadya Salsabila, Dewi Hamidah, Eka Resti Wulan
![]() |