STUDENT'S ABILITY IN EXPLAINING THE CONCEPT OF SOLID FIGURE'S VOLUME REVIEWED FROM VISUALIZER VERBALIZER COGNITIVE STYLE
(1) Universitas Madura
(2) Universitas Madura
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, W. A & Nelly, F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(1). 32-43.
Ayuningtyas, N. (2017). Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa Kelas X Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Edukasi. 3 (1). 99-110.
Bahri, S. D. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif . Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hasibuan & Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang : Universitas Negeri Malang.
Listianti, T., dkk. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Topik Bangun Ruang. Journal of Holistic Mathematics Education 3(1). 44-62.
Manullang, F.R. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Materi Geometri. Wahana Didaktika . 16 (1). 67-77.
McEwan, R. C., Reynolds, S. (2007). Verbaliser and Visualiser: Cognitive Styles Are Less than Equal. Journal of Communication. 54(3), 474-491.
Mendelson, A. L. (2004). For Whom is a Picture Worth a Thousand Words? Effects of the Visualizing Cognitive Style and Attention on Processing of News Photos. Journal of Visual Literacy. 24(1), 85-106.
Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Reamaja rosdakarya.
Rostika, D. (2008). Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(9). 12-19.
Rusydy, (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP N 2 Kabila. Skripsi. Universitas Gorontalo.
Surahmi, E. (2016). Representasi Siswa SMA Dalam Memahami Konsep Fungsi Kuadrat Ditinjau Dari Gaya Kognitif (Visualizer – Verbalizer. Jurnal Sigma. 1 (2). 57-63
Syahbana. A. (2013). Alternatif Pemahaman Konsep Umum Volume Suatu Bangun Ruang. Jurnal Edumatica. 3(2). 45-52.
Syhid, M. & Kurnia. N. (2019). Representasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Visualizer Verbalizer dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS. Jurnal Gantang. IV(1): 49 – 59.
Taufik, A. (2016). Diagnosis Kesulitan Mahasiswa Di Universitas Kuningan Dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT. 2 ( 1). 41-54.
Yuwono, M. R. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Geometri berdasarkan taksonomi bloom dan alternatif pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika. 9 (2). 111-133.
DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v7i1.1733
Article Metrics
Abstract view : 403 timesPDF - 201 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rohmah Indahwati
![]() |