EXPLORING MATHEMATICS LEARNING PRACTICES AT SMA NEGERI 1 LALOLAE
(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(3) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(4) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1444
Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159
Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Andini, M., Ramdhani, S., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2298–2305. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.637
Andrianto, D., & Awantagusnik, A. (2025). Penggunaan LKPD Dan Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keaktifan Serta Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Of Social Science Research, 5(3), 7138–7151. https://doi.org/doi.org/10.31004/innovative.v5i3.19267
Apriani, F., & Sudiansyah, S. (2024). DAMPAK KURANGNYA PRAKTIK DALAM PELAJARAN MATEMATIKA: PENTINGNYA LATIHAN TERSTRUKTUR BAGI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1856
Azizah, N., Suratno, S., & Irawati, H. (2024). Peran Media Pembelajaran Berbasis TIK dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. 10, 55–62.
Fernando, L., Arlisa Putri, N., Nabila, N., Safitri, S., & Hernaeny, fah. (2025a). Eksplorasi Kesulitan dan Kebutuhan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Indocement. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.15837992
Fernando, L., Arlisa Putri, N., Nabila, N., Safitri, S., & Hernaeny, fah. (2025b). Eksplorasi Kesulitan dan Kebutuhan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMA Indocement. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 341–347. https://doi.org/10.5281/zenodo.15837992
Gultom, J., Sembiring, B. O., & Apriani, Y. (2025). The Effectiveness of Digital Media on Understanding Mathematical Concepts and Problem Solving Abilities: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 8(1), 1–24. https://doi.org/10.21043/jpmk.v8i1.25758
Hendra Widayat, A., Mutiarazakia, M., & Darmawan, F. (2024). Pengembangan Metode Pembelajaran Interaktif di Kelas Matematika dengan Memanfaatkan Teknologi Pendidikan. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 63–74.
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287
Istiqomah, I., & Azzahra, N. A. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran di Kelas. BESTARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19–27.
Maharani, I., Dabutar, N. F., Ingtyas, F. T., & Ginting, L. (2025). The Correlation of Learning Motivation and Conventional Learning Methods with Civic Education Learning Outcomes. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 382–395. https://doi.org/10.51276/edu.v6i1.1096
Masdar, A. K. C., Nadira, L., Murnika, Y., & Wismanto, W. (2024). Pemilihan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil Pencapaian Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 76–85. https://doi.org/doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.243
Mudzakkir, M., & Darmawan, D. (2024). The Influence Of Teacher Teaching Styles and Leaning Motivation on The Learning Achievement. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 8(1). https://doi.org/10.47006/er.v8i1.19707
Nasution, A. A. (2025). Strategi Guru Meningkatkan Motivasi Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SMA 1Panyabungan Barat. Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 324–333. https://doi.org/doi.org/10.56874/jamp.v6i1.2340
Nurani, D. A., & Susanti, E. (2025). Analisis Implementasi Pembelajaran Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung Aman Tahun Ajaran 2024/2025. Griya Cendikia, 10(2), 600–615. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v10i2.2008
Nurhasanah, H., & Meiliasari. (2025). Systematic Literature Review: Pengembangan E-LKPD pada Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(3), 803–813. https://doi.org/10.29303/griya.v5i3.605
Rahman, A. A., Usalmy, N. W., Hernández, C., & Refugio, C. N. (2025). The impact of project-based learning on mathematics interest and self-efficacy among senior high school students. Jurnal Elemen, 11(1), 133–152. https://doi.org/10.29408/jel.v11i1.27622
Rohman, R., Syaifudin, S., & Astiswijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173. https://doi.org/doi.org/10.32502/jp2m.v5i2.4333
Rosyadi, A. A. P., Cholily, Y. M., Baiduri, B., Aszahra, Z. Z., Ramadhan, G. A., & Aini, J. N. (2025). Training And Mentoring In Project-Based Learning For P5 Instruction For Mathematics Teachers At SMAN 2 Lumajang. Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 1–6.
Shifa, A., Fiani, O., Wibowo, A., Anando, Y., Andoyo, A., & Rofisian, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(3), 999–1003. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3
Talahatu, L., Purwanto, E. J., & Silalahi, S. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 6 Buru. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.69548/jigm.v3i2.26
Tandirogang, E., Salu, B., & Padallingan, Y. (2025). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 4 RANTEPAO. AL-MUJAHIDAH | Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 125.
Wanda, F. H., Pertiwi, A., Hasiolan, M. I. S., KLestari, S., Sudipa, I. G. I., & Patalatu, J. S. (2024). BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN (Sepriano & Efitra, Eds.; 1st ed.). SONPEDIA.COM PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
https://www.researchgate.net/publication/377223521
Yani, E. P., & Matondang, K. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 65–72. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.685
DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v10i2.2535
Article Metrics
Abstract view : 72 timesPDF - 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 imelda imelda, Tahir Tahir, Chairuddin Chairuddin, Karunia Karunia
![]() |




