Improving Learning Outcomes through Problem-Based Learning with PQ4R Method
(1) (Sinta ID: 6334182) Department of Mathematics Education Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127.
Barrett, T. (2017). A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. All Ireland Society for Higher Education (AISHE).
Biber, Ç., Tuna, A., & Korkmaz, S. (2013). The Mistakes and the Misconceptions of the Eighth Grade Students on the Subject of Angles. European Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 50–59. https://www.scimath.net/download/the-mistakes-and-the-misconceptions-of-the-eight-grade-students-on-the-subject-of-angles-9387.pdf
Ginanjar, D. R., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2019). Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. JurnalPerseda, 2(3), 140–153.
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasrudin, H. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, 5(2r).
Kurniasari, D., & Kusnan, K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Probing Prompting Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas XI TGB di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 18(2).
Mustajab, A., Muharjito, M., & Sunaryono, S. (2020). Pengaruh 7-Step Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Bernalar Ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 5(3), 332–339.
Perawansa, F. I., & Edy, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Garis dan Sudut. ResearchGate, May.
Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120–132. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458
Widiyanthi, I. aYU, Sugihartini, N., Wahyuni, W. S., & Kesiman, M. W. . (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII (Studi Kasus : SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014). KARMAPATI, 3(1), 34–38.
Wulandari, F. (2016). Keterkaitan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model Problem Based Learning (Pbl). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 1(1), 1–4.
DOI: https://doi.org/10.31327/jme.v5i1.1764
Article Metrics
Abstract view : 363 timesPDF - 191 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 H. Herlina, Sunarlia Sunarlia
![]() |